Pertunangan adalah salah satu bentuk ikatan yang bisa disimbolkan dengan adanya cincin tunangan. Jika seseorang sudah bertunangan, maka ia resmi terikat dengan pasangannya. Hal yang sama juga terjadi untuk pasangan yang sudah menikah. Hanya saja, pasangan yang sudah menikah benar-benar terikat dan dipandang secara sah di mata hukum dan agama.

Menikah memang menjadi tujuan pada setiap manusia yang berpasangan. Tentu tujuan menikah adalah membangun keluarga yang saling menjaga hati satu sama lain. Memang awal-awal pernikahan tidaklah mudah karena menyatukan dua hati yang baru tentu perlu rasa mengerti satu sama lain. Sifat yang selama ini tidak kelihatan pada saat pacaran maupun yang sudah tunangan maka ketika sudah berkeluarga tentu akan berbeda. Setiap pasangan yang sedang pacaran atau tunangan pastinya aan selalu romantis tetapi ketika sudah membangun kelluarga tentu ujian dala rumah tangga akan ada.

Para pasangan yang sudah menikah biasanya juga memiliki simbol keterikatan. Adanya cincin kawin yang melingkar di jari manis pasangan merupakan simbol itu sendiri. Sayang, tak jarang ada pasangan yang berniat untuk poligami.
Tidak ada wanita di dunia yang rela dan ikhlas jika suaminya menikah lagi atau berpoligami. Tentu sebagai syarat untuk poligmai harus meminta izin kepada istri pertama. Tentu sebagai seorang lelaki kamu tidak ingin melihat orang yang kamu sayangi tersakiti. Hal ini memang bersifat opsional. Maka, ada beberapa hal dasar yang wajib hukumnya untuk Anda ketahui sebelum berpoligami.

1. Ilmu yang cukup
Anda harus mempersiapkan ilmu yang cukup untuk memimpin dan mengarahkan istri-istri Anda. Terlebih, saat satu dengan lain saling iri, cemburu, atau saling membandingkan.

2. Mempersiapkan materi
Materi yang cukup juga harus dipersiapkan untuk Anda yang berpoligami. Sebab, kebutuhan hidup juga tidak hanya untuk satu istri. Belum lagi jika Anda sudah memiliki anak.

3. Persiapan matang
Ada banyak persiapan matang yang harus Andxa siapkan. Salah satunya adalah bagaimana cara untuk meyakinkan istri pertama untuk bisa menerima istri kedua.

4. Persiapkan fisik dan mental
Jika berpoligami, maka nantinya Anda akan mengatasi lebih dari 1 keluarga. Maka, fisik dan mental harus dipersiapkan, sebab nantinya Anda akan bekerja lebih keras untuk mengurus keduanya.

5. Pahami tujuan poligami
Pahami terlebih dulu apa yang menjadi niat poligami. Jika mengarah pada tujuan yang salah, ada baiknya Anda memikirkan dan mempertimbangkannya lagi.

6. Bersikap adil
Jika berpoligami, maka bersikaplah adil kepada setiap istri dan anak-anak Anda, agar tak muncul kecemburuan di antara mereka. Sebab, salah satu hal yang harus Anda lakukan jika berpoligami adalah berbuat adil. Berbuat adil tidaklah mudah, maka kamu harus pelajari dulu bagaimana adil yang sebenarnya. Jangan sampai ada rasa cemburu terhadapa pasangan mu karena akan berakibat ke masa depan. Sebagai pasangan tentu perpisahan hal yang tidak di inginkan.

7. Pertimbangkan karakter istri kedua
Anda juga perlu mempertimbangkan karakter istri kedua lebih baik dari yang pertama atau justru sebaliknya.
Itulah beberapa hal dasar yang wajib untuk Anda ketahui jika berniat poligami. Tak hanya model cincin kawin ataupun cincin tunangan yang perlu disiapkan untuk menikah, namun juga pemikiran yang matang mengenai rencana-rencana nantinya, termasuk jika Anda memiliki niat untuk berpoligami.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pahami jika ingin berpoligami. Jagalah cincin emas yang dipakai di jari manis istrimu nanti. Tentu hal itulah yang selalu ingin di harapkan oleh para istri.